Harga, Spesifikasi, Serta Tips Trik Samsung Produk

Awas Rugi Membeli Powerbank Solar Charger

Rugi Membeli Powerbank Solar Charger Palsu - Info Samsung
Powerbank Solar Charger Palsu

         Beragamnya merk dan jenis powerbank di pasaran khususnya di Indonesia ini, pastinya membuat camcungers merasa kebingungan tentang bagaimana powerbank yang benar – benar bagus kualitasnya. Terlebih untuk Samsung sendiri, dari pihak Samsung secara resmi tidak mengeluarkan produk powerbank sehingga semua powerbank bermerk Samsung di pasaran sudah dipastikan PALSU. Disitu sebenarnya camcungers bisa menyimpulkan bahwa dipasaran banyak terdapat powerbank palsu yang menjelma seolah – olah dia keluaran dari satu merk yang sudah besar. Bisa dibuktikan dengan adanya powerbank merk Samsung. Selain itu ada powerbank merk Xiaomi yang memiliki harga miring alias beda jauh dengan harga yang dipatok oleh xiaomi sendiri. Kalau sudah begitu bisa dipastikan kalau powerbank yang sedang camcungers pilih itu palsu.


         Belum lagi, kali ini ada inovasi baru yang sebenarnya bagus, yaitu menggabungkan antara powerbank dan sebuah solar cell atau sel surya, dimana ketika baterai powerbank habis, camcungers bisa menjemurnya selama beberapa jam hingga baterainya kembali full. TETAPI, sungguh disayangkan, karena jika camcungers membeli unit powerbank jenis Solar Charger ini berarti camcungers mendapatkan rugi yang bisa dibilang sangat. Mungkin ada beberapa jenis Solar Charger yang masih “jujur”, namun sebagai survey mimin beberapa waktu lalu, mimin akhirnya mendapatkan satu powerbank solar charger yang PALSU. Bagaimanakah penampakan powerbank Solar Charger tersebut sehingga camcungers bisa mengetahui ciri – ciri powerbank Solar Charger yang palsu, mari kita bahas bareng mimin.


         Ketika survey, mimin sengaja mencari powerbank Solar Charger yang bisa dibilang lumayan laris beberapa waktu lalu. Sehingga mimin nyari yang kemungkinan “palsu”. Akhirnya mimin menemukan Solar Charger yang memiliki bungkus biasa seperti lainnya, namun bedanya, Solar Charger ini tidak memiliki merk, hanya ada tulisan “Solar Charger” doang di kardusnya. Selain itu di bagian kardus atau wadahnya kan biasanya tertulis informasi lengkap mengenai spesifikasinya. Nah kardus powerbank yang mimin temukan ini hanya memiliki deskripsi singkat, dan gambar powerbank solar chargernya doang. Tidak ada keterangan berapa kapasitas powerbank, ataupun arus outputnya. Sehingga mimin membelinya untuk di buktikan dengan cara membongkarnya dirumah nanti. Ketika membayar, harga powerbank ini pun sama dengan harga powerbank solar charger lainnya, yang memiliki deskripsi lengkap di kardusnya yaitu 90 ribu.


         Sampai rumah, mimin lihat fisik dari solar charger tersebut, dari depan Nampak normal, namun jika dilihat dari bagian belakang, disini mimin sudah mulai bisa menyimpulkan kalau powerbank solar charger ini palsu. Lihat gambar dibawah, powerbank ini menggunakan logo Xiaomi, dan padahal di kardus tadi sama sekali tidak ada merk xiaomi.

Rugi Membeli Powerbank Solar Charger Palsu - Info Samsung


         Lalu perhatikan pada kapasitas baterainya, disitu tertulis 100.000mAh. Yakin segede itu? Camcungers pasti sudah ga percaya kan. Powerbank yang kapasitasnya 10.000mAh saja ukurannya sudah gede banget karena memiliki baterai yang besar didalamnya. Nah ini solar charger masak memiliki 100.000mAh sedangkan tebalnya saja Cuma sekitar 1CM saja.

Rugi Membeli Powerbank Solar Charger Palsu - Info Samsung
Merk dan Deskripsi di badan Powerbank


         Sebelum dibongkar mimin mengetes dulu powerbank solar charger ini tentunya, mimin cas powerbank solar charger ini dengan charger biasa. Mimin butuh waktu 4-5 jam untuk membuat indikator powerbank sudah menunjukkan bahwa sudah full. Lalu, mimin tes untuk charge smartphone Samsung Galaxy Core 2 yang memiliki baterai dengan kapasitas 2000 mAh. Dan hasilnya, mimin bisa me recharge smartphone tersebut sebanyak 1.5 x saja. Maksudnya mimin bisa charge 1 kali full, lalu ketika baterai smartphonenya habis mimin charge lagi pakai powerbank dan hanya bisa terisi 50% nya saja, dan powerbank sudah habis isinya.



         Mimin juga sudah mengetes butuh waktu berapa lama powerbank ini di isi oleh matahari. Cuaca sudah panas terik, mimin jemur powerbank di bawah sinar matahari dan total untuk mendapatkan baterai full adalah selama 5 jam. Jadi hanya selisih satu jam jika camcungers merecharge dengan adaptor.


         Tapi, ingat. Pada dasarnya baterai jenis Li-Ion seperti pada powerbank ini tidak bagus jika disimpan di suhu yang panas, dengan menaruhnya dibawah sinar matahari langsung bukannya sama saja kita merusak baterai tersebut?


         Untuk membuktikan ke camcungers, mimin bongkarkan powerbank ini supaya camcungers tau apa sih yang ada didalam powerbank ini.

Rugi Membeli Powerbank Solar Charger Palsu - Info Samsung


         Bisa dilihat gambar diatas, bagian warna biru adalah baterainya, dan PCB itu sebagai pengendali yang mengatur masuk dan keluarnya tegangan listrik, lalu ada satu komponen lagi yaitu solar cell atau sel surya yang bisa mengisi baterai ketika baterai sudah habis dengan sinar matahari.

Rugi Membeli Powerbank Solar Charger Palsu - Info Samsung


         Fokus pada bagian baterainya, baterai yang dimiliki powerbank ini sangatlah kecil dan tipis pula bahkan lebih kecil daripada baterai Samsung Galaxy Tab. Parahnya lagi, disitu tidak ada keterangan baterai ini dibuat oleh perusahaan apa, tegangannya berapa, kapasitasnya berapa. Hanya bungkus biru dan dua kabel + dan – yang terlihat di baterainya. Jika dihitung berdasarkan test charging smartphone tadi, itu berarti baterai ini hanya memiliki kapasistas sekitar 3600mAh saja, karena kapasitas galaxy core 2 itu 2000mAh.

Rugi Membeli Powerbank Solar Charger Palsu - Info Samsung


         Di bagian controllernya sebenarnya sudah bagus, dia sudah memakai IC untuk pengaturan tegangannya sehingga stabil di 5V. Dan juga ada dua USB output untuk kabel charge ke device. Serta ditambah satu LED putih yang bisa dijadikan senter. Kesimpulan untuk controller ini sudah bagus sebenarnya.

Rugi Membeli Powerbank Solar Charger Palsu - Info Samsung
Baterai Sudah Mengembung tanda Rusak/Bocor


         Yang membuat mimin kaget adalah, baru beberapa kali dipakai, bagian baterai sudah bocor dan menggelembung atau hamil. Bisa dilihat di gambar dibawah ini. Pada bagian baterai sudah mengembung, padahal baru sehari beli. Itu menandakan bahwa kualitas baterai yang kecil dan tipis ini sangatlah buruk!.


         Nah kesimpulannya, camcungers jangan sampai tertipu membeli powerbank jenis ini ya. Karena sebenarnya hampir 70% power bank yang dijual di toko – toko itu palsu, sebelum membeli powerbank, hendaknya camcungers perhatikan hal – hal berikut ini terlebih dahulu.
-          Pastikan ada merk resminya
-          Pastikan merk tersebut memang mengeluarkan powerbank
-          Baca deskripsi di kardus/bungkusnya apakah lengkap?
-          Camcungers harus bisa mengira – ngira berat powerbank berdasarkan kapasitasnya, umumnya powerbank berkapasitas 6000 mAh susah terasa berat jika di angkat, namun hati – hati juga karena ada powerbank palsu yang berisi pasir!
-          Coba dahulu powerbank ditempat sebelum dibeli. Jika tidak bisa charging, jangan dibeli

         Namun, jika camcungers sudah terlanjur membeli solar charger dan ternyata mendapatkan yang palsu sehingga sekarang sudah rusak, sebenarnya camcungers bisa memanfaatkan panel solar charger ini sebagai charger powerbank camcungers yang lainnya juga lho.


         Prinsipnya sederhana, camcungers hanya harus mengalirkan listrik dari solar panel melalui kabel data, yang akan masuk ke dalam powerbank melalui port micro usb layaknya melakukan charging powerbank seperti biasanya, sehingga misalkan ketika bepergian, solar panel bisa camcungers gantungkan ke tas, dan kabelnya masuk ke powerbank yang camcungers letakkan di dalam tas, karena camcungers juga tau kan, baterai powerbank itu sebisa mungkin jangan sampai terkena sinar matahari atau suhu yang panas.


     Tapi setelah di cek, ternyata solar panelnya cuma bisa ngalirin arus sebesar 150mah saja cams, jadi kalau untuk charge PB atau Smartphone lain, ya sama aja bohong, karena dalam arus sebesar itu untuk mendapatkan baterai full bila baterainya berukuran 3000mAh butuh waktu setengah hari lebih. charger bawaan aja minimal punya arus 500mAh, sedangkan yang dari solar panel cuma 150 mAh, separuhnya saja gaada cams, huhuhu. Namun untuk solar panel ini tetep bisa camcungers manfaatkan untuk hal lain kok seperti untuk memutar usb kipas mini, sehingga pas cuaca panas, camcungers bisa memutar usb fan dengan cahaya matahari tersebut.

    dan kalau sudah tertipu, camcungers jangan sampai tertipu lagi karena powerbank solarnya palsu lalu inisiatif beli powerbank yang MERK SAMSUNG. sekali lagi, Samsung tidak mengeluarkan produk Powerbank ya, bisa dibaca disini Powerbank Samsung 100% Palsu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Awas Rugi Membeli Powerbank Solar Charger

74 comments:

  1. Min klo misalnya batrenya di ganti sama batre li ion bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau secara prinsip masih bisa bisa saja, asal agan tau karakteristik listrik ama baterainya

      Delete
  2. Memangnya powerbank yang asli itu paling tinggi kapasitasnya berapa mAh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mimin paling tinggi pernah liat 15.000mAh itu buatan cina tapi asli, pas dibongkar dalemnya baterainya juga mantep, jadi berat nya berat baterai asli, bukan pasir.

      Delete
    2. Coba kayak gmn power Bank yg bagus

      Delete
    3. kalau yang bagus bener paling baru xiaomi yg terpercaya, mreka kasi serial number di tiap produknya, abis beli pb dr mreka bs lgsg claim di webnya apa itu asli atau palsu

      Delete
  3. Kasus sama sya jga bli power bank solar sel palsu saya mau rakit sel solarnya gmn gan caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah besok saya buatin postingannya biar agan ga rugi beli solar charger. mimin mau beli bahan dulu wkwk.

      Delete
    2. Mimin mau beli bahannya dimana???

      Delete
  4. Tolong buat postingan min.. diy power bank solar cell + listrik pln.. modulny kan banyak di toko2 min.. rangkaiannya yg ane g paham..😀

    ReplyDelete
  5. Saya juga beli power bank solar min yang mahnya 88000 mah. ini juga palsuya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bohong itu, coba buka aja, paling dalemnya hanya bbrp ribu mAh saja

      Delete
  6. Ini saya beli samsung yg pake panel matahari itu 90rb, tpi boros kapasitasnya ketulis 10000mah, tpi buat ngecas galaxy j5 gk naik2, cara ngakalinnya gmn bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngakalinnya sih rencananya mimin mau kasi cara biar bisa charge powerbank non solarcel, pake solarcell bekas powerbank palsu

      Delete
  7. saya juga ada beli power bank model begini, karena tidak maksimal saya coba bongkar, listrik yang dihasilkan solar cellnya cukup bagus sekitar 4-5 volt tetapi tetap tidak bisa mengisi baterainya walau sudah di jemur seharian di bawah sinar matahari, bisa info mengapa itu terjadi ? apkah berarti solar cellnya rusak bagaimana cara mengatasinya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tidak salah solar cell yang dipasang di PB jenis ini cuma punya arus sebesar 150mA saja, jadi untuk ngisi baterai PB nya bisa makan waktu 5 jam an, tapi banyak juga yang ketipu, solar chargernya dapet yang jelek, bahkan palsu

      Delete
  8. Gan, ane pake powerbank sama jenis kaya artikelnya, nah pas ane cas hp inikator charging, pas beberapa detik kemudian powerbanknya mati trus idup lagi. Otomatis hp ane keluar masuk charge. Kejadiannya trus"an. Pas ane colokin 2 hp itu malah ngecharge gak mati" powerbanknya. Itu masalahnya diapa ya outputnya atau apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja itu yang error pengatur arusnya gan, apa mungkin juga kabel datanya yang sudah tidak bagus, coba ganti kabel datanya dulu gan

      Delete
  9. Gan, ada beberapa pertanyaan :
    1. Led berwarna Biru menandakan Full Charger ?
    2. Led berwaran hijau menandakan Full memakai Panel Surya ?
    3. Apabila di Cas, yang berkurang Led Biru Charger atau Led berwarna Hijau Panel Surya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau punya ane di charge pake charger nyala biru (4LED sesuai tingkat kapasitas baterai), kalau di charge pake sollar cell nyala ijo (satu LED). tapi bisa aja tiap produk yg beredar beda, kan KW, Palsu lagi, bisa dimanipulasi sesuka oknumnya

      Delete
  10. Menurun Agan,
    Saran kalau mau beli Power Bank Solar Charger yang bagus dan dapat dipercaya dimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo smpai skarang, mimin blum nemu produsen PB yang terpercaya ngeluarin solar charger.
      lagipula setelah diliat solar charger sebesar itu cuma punya arus 150mA. buat ngisi hp 2000mAh bisa seharian sendiri tuh aslinya.. wkwkwk
      jadi mending jangan beli yang solar charger aja

      Delete
  11. Gan cara mengganti baterai pb solar dengan baterai pb biasa gmna ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah sebenernya,tinggal replace. tapi ya kalau mau nggunain solar cellnya sama aja bohong kayanya. cz arusnya cuma 150 mA. kaya komentar saya diatas itu, wkwk

      Delete
  12. crax gmana gan manfaatin solar cellnya untk ngsi pb yg non solar? sya kdung beli nih, 150 rb lg. . . ktipu dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah dihitung kayanya sama aja gan kalo di gunain solar chargernya untuk charge hp, mslhnya arusnya cuma 150mah, buat charge hp 3000mah bisa seharian gan -_-

      Delete
  13. Gan kalo dari merk innoo gimana terpercaya gk ?

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. kalau menurut survey sih, merk hippo, robot, yg lainnya lupa ane

      Delete
  15. Sama persis kasusnya...punyaq Sampek hamil gede bgt btrenya...Sampek casing pb mbelah sendiri...akhirnya btrenya aq gnti btre pb yg rusak komponennya...tp alhasil pb solar rakitan ulang itu coba aq cas pkk listrik smpk full...buat ngecas blm smpk pnuh udh hbs listriknya...pdhl pb yg rusak kedua td batrenya 9800mah real...ya kalau mau pkk pb solarnya hrs dket cendela min biar kena pantulan sinar matahari..◦°•ƗƗǻ̀́dϱϱƗƗƗƗ˚◦° (˘_˘)

    ReplyDelete
    Replies
    1. deket cendela sinar hanya masuk skitar 25 persen aja gan, mimin pas percobaan diatas mimin taruh diatas genting biar nangkep sinar maksimal, itu butuh 5 jam biar full, sama aja bohong kan. wkwk

      Delete
  16. Gan saya punya solar power bank apa ka ini palsu apa bukan dibelakang nya tertulis A032 Model:ES500 Patent No:XLRY1512M Li-polymer battery:88000mAh Input DC 5V/200mA/1A Output DC 5V/2x1A

    ReplyDelete
    Replies
    1. palsu, PB solar segede itu ga mungkin kapasitasnya sampe 88ribu mAh.
      PB solar itu aslinya cuma kisaran 3600 - 6000 mAh aja kayanya,

      Delete
  17. Ane jg ketipu 100rb.Tulisannya 99000mah tp bwt ngecas 2000mah aja cm masuk 60%.Klo biar bs bwt cas 100% gmn Min? Ada solusi? Mohon bantuan Min...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara buat cas 100% langsung charge pake adaptor sperti biasa aja gan, hihihi

      Delete
    2. Sama gan power bank ane merk xiomi baru nyampek 50% udah mari pb nya.ane buat nge cas samsung j5 kapasitas batrai nya 2600 mah sedangkan pb nya tulisan nya abal abal 98000 mah pas ane bongkar eh di batrai nya polisan

      Delete
  18. sama ky punya sy..bru beli dipake skali cmn 10 menit malah hbis..tiap x dpke cmn ky gt..sy bongkar aja isi nya persih ky punya mimin..btrei nya bunting... mau sy coba akalin nrcharge pb lain kyk nya bisa..tnggl pasang dc step up boost,,spya tegangan sama arus nya naik stabil 5 v 600 ma..drpd rugi telak..

    ReplyDelete
  19. Gan merk pb solar yg bagus apa ? Pliss jawab cepat ..

    ReplyDelete
  20. Ini 5000 mah tapi merk asus gimna.. ambil ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum beli, mending tanya asus indonesia dulu lewat sosmed resmi mereka, siapa tau mereka juga tidak mengeluarkan produk PB seperti Samsung tercinta :)

      Delete
  21. Gan saya punya pb solar isinya 100000 mAh. Tapi saya baru beli ,saya ngak tau merek nya. apa sih merek aslinya???? Di tolong dijawab ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gaada merk besar asli yg resmi ngeluarin solar powerbank :v

      Delete
  22. Saya baru beli pb solar ni. pb nya bisa dicas pake listrik ,tapi kalau diletak dibawah sinar matahari gak terisi lampu led nya pun gak hidup udah lebih 5 jam diletak gak ngaruh sama skali

    ReplyDelete
  23. Bro mendingan beli power Bank yg merk apa ada sarankah .

    ReplyDelete
  24. tuh kta mimin merk hippo lumayan

    ReplyDelete
  25. Kk mau nanya kalau di cas ke stop kontak bisa terisi penuh.. Dan kalau di pak gk bisa.. Dan apa masalah kabel nya apa power bank nya.. Tpi di ganti-ganti pak kabel yg baru masih bln bisa di pake

    ReplyDelete
  26. Sama aku jg prnh ktipu... Hadehhh

    ReplyDelete
  27. Gan sorry ni mo nanya. Pb merk veger bagus nggak ya? Fast respon ya gan

    ReplyDelete
  28. Gan ane rencana beli PB solarcell gimana ya?

    ReplyDelete
  29. Gan sy udah beli solar panel 5V 1.1W 220MA 4pcs. Kira" untuk charger hp 3000Mah butuh waktu berapa jam??
    Terimakasih

    ReplyDelete
  30. wuaaah,untung baca ini. Tadi rencananya mo cari pb yg kaya ginian di gugel tapi keluarnya ini. Thanks gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... sama. Berkat artikel ini, sekarang bisa lebih teliti milih pb. Thanks for mimin..

      Delete
  31. Artikel bagus.. Mencerdaskan pengguna pb

    ReplyDelete
  32. Gan kalau xiaomi yg pro 2 isi 20.000 mah harga 300 ribuan asli gak?

    ReplyDelete
  33. Yah gan, aku seperti nya tertipu, Beli PB dari laksda tipe es500 kapasitas 5000 mah, Tpi keterangan belakangnya li-populer battery: 198000mAh. Palsu gak.? Soalnya Lazada lumayan Terjamin Barangnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terjamin asli barangnya memang, saya juga sering belanja disitu, tapi ya kudu pinter2 milihnya, kalo tipe solar panel gitu mending buka dulu aja gan, kalau panel surya nya beneran ya seengganya dapet barang yg lebih baik, drpd cm hiasan aja panel suryanya wkw

      Delete
  34. Specification:
    * Battery type: Li-polymer battery
    * Material: ABS+PC+Silicone
    * Capacity: 38000mAh
    * Solar Charger: Max.5V 200mAh
    * Input: DC 5V/1A
    * Output:DC 5V/1A; 5V/2A
    * Size: 162 x 81 x 22mm/ 6.3 x 3.2 x 0.87in
    * Weight: 320g /11.2 oz

    ini gmn gan, 38ribu itu jarang" yang ada spesifikasinya.tapi diketerangan dibagitau kalo mau gunakan matahari 40jam baru penuh. ini asli atau palsu? mau beli solar takut nih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo beli mending ke toko aja, pas siang2, nnt biar bisa skalian nyoba itu panelnya fungsi apa engga

      Delete
  35. sy bru beli pb solar dengan type es500 via online...alhmdullah sampe sekarng ga bs ngecas..udh dicas berjam jam tetap az ga bs ngecas.ada yg punya solusi ga...

    ReplyDelete
  36. punya ku xiaomi LI_polumer battery 12000Mah (12Ampere) solar Charger nya 5 v 200 maH..dual USB 5v×2 1 Ampere..ngcas samsung j2 prime bisa 3x..kalo d cas pakek matahari 5jam penuh ..harga nya 149.000..
    ada yg mau ??ane jual 300.000 aja gan hahaaaaa

    ReplyDelete
  37. Saua
    Saya juga ketipu tapi baterai nya mau aku ganti tapi gak tau baterai yang cocok buat gantiin itu baterai apa

    ReplyDelete
  38. Gan punya gw merek samsung tp lapisan belakangnya tuh lampu LED persegi 4 nyalanya beragam ada yg sedang,terang dan sos. Apakah itu palsu atau tdk? Btw ini speknya yg tertera di pb tsb
    Li-polymer battery 168000mAh
    Input DC5V/A1 output DC5VA2/DC5VA1

    ReplyDelete
    Replies
    1. palsu disini dalam hal Merk, kalau produknya rata2 powerbank solar sama setelah saya lihat - lihat.

      Delete
  39. Ya gan aku juga beli solarsel tapi pertamanya fast carsging 3 kali pemakaian lambat nya mengecas dan ringan betul powerbank nya

    ReplyDelete
  40. Jadi min kalau mau beli powerbank solar yang asli gimana ? Aku liat disemua aplikasi onlineshop seperti Lzd, bkalpak, tkpdia semua ratarata produk pb solar seperti yg mimin sebut tadi juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. palsu disini dalam hal merk dan informasi seperti kapasitasnya yah. kalau mau yang asli, beli yang bener - bener merk resmi ngeluarin powerbank. kalau samaung belum ngeluarin powerbank ya..

      Delete
  41. Siapa yg jual modul power bank solar LED??

    ReplyDelete
  42. Di tokopedia nama tokonya pelangi cell pinang Ada barang sama kek min contohin 100000MAH klo Ini asus thanks min jdi tau saya 👍

    ReplyDelete
  43. Rencana mau beli pb solar,tau bnyak yg komplain akhirnya gak jadi deh

    ReplyDelete
  44. Min saya juga mau beli power bank solar cell,tapi melalui cod,mereknya eom,asli apa palsu ya min,50000 mah kapasitasnya min,mohonpencerahannya supaya nggak ketipu

    ReplyDelete