Harga, Spesifikasi, Serta Tips Trik Samsung Produk

Mengenal Tizen OS dari Samsung



Untuk soal sistem operasi yang digunakan untuk smartphone mungkin camcungers pasti sudah menilai bahwa android dan IOS yang menjadi rajanya. Memang kedua sistem operasi itu sifatnya universal, dimana android memiliki dunia sendiri dan IOS pun memiliki dunianya sendiri. Dan karena mungkin sistem operasi android sudah sangat familiar dengan produk smartphone buatan samsung, kali ini samsung terbukti mulai memperkenalkan sistem operasi untuk hp terbarunya yang diberinama TIZEN. Mungkin dari beberapa camcungers belum kenal dengan sistem operasi hp yang satu ini, maka dari itu di kesempatan kali ini mimin akan coba kasih tau camcungers tentang apa sih OS Tizen itu, dan juga bagaimana kekurangan serta kelebihannya.


Mengenal Tizen OS dari Samsung - Camcungku

Sebenarnya, Tizen adalah nama baru yang diberikan oleh samsung. Sebelumnya OS ini bernama Meego, yang sebelumnya dikembangkan oleh Intel Mobilin dan juga Nokia Maemo, dan berhubung Nokia pun sudah menjadi bagian dari microsoft yang bergerak di OS Windows Phone, Meego pun akhirnya diambil alih oleh samsung, yang juga melakukan kerja sama dengan Linux karena memang Tizen OS ini masih berbasis Linux seperti android. Dan Tizen OS ini pun masih OpenSource sifatnya, sehingga apabila ada yang mau mencoba mengembangkan sendiri pun bisa. Disini bisa dilihat bahwa samsung jeli melihat peluang, dimana ada satu garapan yang tidak terurus oleh pengembangnya, samsung dengan percaya diri membeli dan mengembangkan lagi OS tersebut hingga lahirlah Tizen.



Karena dirasa sudah matang dan layak dipasarkan, maka samsung mencoba OS terbarunya ini untuk handphone terbarunya. Yang sudah dikenal dengan nama Samsung Z. samsung Z merupakan device pertama samsung yang menggunakan Tizen OS. Dan Handphone ini pertama dikenalkan di Tizen Developer Conference di kota San Francisco Amerika. Samsung mungkin bisa jadi membawa terobosan baru dalam OS untuk Handphone kedepannya, namun tetap saja yang namanya buatan manusia itu masih memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan apabila camcungers ingin tau apa kelebihan atau kekurangan dari Tizen OS ini camcungers bisa melihat di poin – poin dibawah ini:


Kelebihan Sistem Operasi Tizen :

– Mendukung penuh browser HTML5.
– Bisa menjalankan setiap aplikasi yang terdapat dalam sistem operasi Android.
– Sudah memiliki toko aplikasi tersendiri yaitu Tizen Store dengan koleksi sampai saat ini mencapai sekitar 6.500 aplikasi dan terus bertambah.
– Terbuka untuk digunakan di perangkat lain antara lain Smart TV, Smart camera maupun notebook.
– Support aplikasi third party berplatform WEB (HTML5, CSS, JavaScript), Native (C/C++) dan Hybrid (Web & Native).
– Dukungan penuh dari Samsung sehingga terbuka luas kesempatan untuk dikembangkan.
– Secara keseluruhan sistem operasi Tizen lebih ringan dibanding sistem operasi Android yang artinya memerlukan tenaga pemrosesan dan memori lebih sedikit. Ini berimbas pada penggunaan baterai yang menjadi lebih irit.

Kekurangan Sistem Operasi Tizen :

– Sampai saat ini bukan menjadi bisnis utama Samsung, perangkat Android tetap menjadi prioritas produsen dari korea selatan ini.
– Butuh waktu lebih lama agar masyarakat mau menggunakan perangkat dengan sistem operasi yang masih baru ini.



Ya, memang bisa dilihat camcungers juga pasti lebih memilih Samsung Galaxy sebagai smartphone yang selalu menemani camcungers dimanapun dan kapanpun. Tapi, siapa tau Tizen OS lebih mudah dikembangkan sehingga malah menjadi pesaing android kedepannya? Siapa tau? Buktinya samsung hingga saat ini masih mengembangkan Tizen OS dan juga akan menerapkannya ke beberapa smartphone barunya kelak.


Untuk produk yang sudah ada di indonesia, camcungers bisa mencoba Tizen OS ini di smartphone samsung yang bernama Samsung Z2. Pasti setelah melihat nama itu camcungers langsung ingat dengan iklan yang sudah tampil di televisi berkali – kali, dengan slogannya yang mengatakan samsung Keystone “HP Masa Gitu”. Padahal mimin saat ini juga masih pakai samsung Keystone juga, hahaha

Samsung Z2 yang memiliki Tizen OS juga tergolong memiliki harga yang murah, bila dilihat di papan iklan, baik di koran, reklame, bahkan di televisi harga yang tercantum masih dibawah satu juta. Dan belum lagi Samsung Z2 ini sudah support dalam koneksi 4G. mungkin bila camcungers berminat membeli, bisa membeli samsung Z2 ini untuk salah satu keluarga camcungers juga ya, apa kasih mimin juga mau. Hahaha.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Tizen OS dari Samsung

0 comments:

Post a Comment